Dulu, saat saya masih aktif jadi guru privat, saya pernah terkejut saat mendapati anak usia 4 tahun belum bisa menyebutkan nama binatang dan sayuran yang umum dilihat yang ada di sebuah buku cerita anak. Setelah ditelusuri, ternyata anak itu belum pernah dibacakan buku apapun dari bayi. Empat tahun usianya, belum pernah dibacakan buku! 😱😱😱
Bukan, saya bukan sedang mengkritisi kecerdasannya. Saya mengkritisi kenapa hingga usia 4 tahun orang tuanya gak pernah membacakan buku apapun ke anaknya. Dan kemudian, tiba-tiba mengeleskan anaknya baca tulis hitung! 😱😱😱
Anak usia 4 tahun, sebelumnya gak pernah dibacain buku, lalu mau les calistung!
Masya Allah 😢
Kalo boleh saya ibaratkan, ini sama aja kayak gelas kosong yg dingin lalu tiba2 disiram air panas mendidih dari kompor. Apaa yg terjadi? Retak, pecah, umeb lah otaknya. 😢😢😢
Belakangan, seiring bertambah seringnya jam terbang ngelesin, saya semakin terkejut karena kasus seperti ini ternyata UMUM terjadi. Banyak sekali orang tua yg gak pernah membacakan buku pada anaknya dari bayi, kemudian ujug2 tiba2 mengeleskan anaknya membaca. Atau membiarkan anaknya masuk TK/SD untuk diajari membaca. Usia 5tahun, 6tahun, belum pernah dibacain buku dan tiba2 disuruh cepet bisa baca. 😢😢😢
Pak, Bu yang bijaksana
Sungguh anak itu bukan kelinci percobaan yang bisa kita coba-coba kemampuan otaknya sesuka hati.
Anak itu baruuu boleh diajarkan membaca saat sudah seriiiiing dibacain buku,
saat sudah luluuus kemampuan pra membacanya seperti menggunting, menghubungkan titik2, memahami konsep cerita dll.
Emang apa bedanya anak yg biasa dibacain buku dan yg gak biasa dibacain buku saat mereka belajar membaca?
BEDA. Saya membuktikan sendiri keduanya berbeda.
Anak yg biasa dibacain buku akan fokus MEMAHAMI BACAAN. Sedangkan anak yang gak biasa dibacain buku akan fokus MEMBACA TULISAN.
Misal, ada gambar buku yang di bawahnya bertuliskan B-U-K-U
Anak yg biasa dibacain buku akan dengan spontan berkata BU-KU meski belum diajari mengeja. Dia tau kalo itu gambar buku, maka tulisan di bawahnya adalah buku.
Sementara anak yg gak biasa dibacain buku, akan dengan susah payah mengeja tulisan itu.
be u BU
ka u KU
BU KU
Ya. Dia fokus pada tulisan. Bukan konteks.
Maka, mengajari anak yg gak biasa dibacain buku ituuu lebih susah karena si anak lebih fokus MEMBACA TULISAN, bukan MEMAHAMI BACAAN.
Yang model begini, kalo udah mahir membaca lalu disuruh membaca satu cerita utuh, dia hanya akan sekadar membaca tulisannya. Saat ditanya, apa isi ceritanya? Dia gak tau.
Murid les saya banyak yg begini😢😢😢
Beda dengan yg biasa dibacain buku, dia MEMBACA untuk MEMAHAMI. Saat sudah mahir membaca dan disuruh membaca satu cerita utuh, dia akan bisa menjelaskan ulang isi cerita tersebut. Bahkan ditambahin komentarnya tentang cerita tersebut. Atau bahkan melontarkan pertanyaan2 terkait cerita yg dibaca.
See?
Logika yang benar itu, biasain membacakan buku pada anak dulu dari kecil, baruuu ajarin anak membaca.
Bukaaan bisa baca dulu baru dibiasain membaca
Nah, balik lagi ke pentingnya membacakan buku pada anak dari kecil, kita gak mau kan jadi orang tua yg dzalim?
Kita gak mau kan ngerusak otak anak kita sendiri?
Kita gak mau kan anak kita CUMA sekadar bisa MEMBACA?
Maka,
Pak, Bu yang bijaksana
Luangkanlah waktumu sejenak
Tatap beningnya mata anak-anak
Penuhi fitrah cinta ilmu sang anak
Ceritakanlah kisah-kisah teladan penuh hikmah yang membutuhkan semangat menyeruak
Bermainlah bersamanya tunjukkan betapa indahnya dunia sambil mensyukuri ciptaan Sang Rozzak
Bacakanlah satu dua bukuu untuknya jangan mengelak
Pak, Bu yang baik hatinya
Sediakanlah fasilitas baca yg mumpuni di rumah sendiri
Atau kalo tak bisa, ajaklah balitamu ke perpus kota minimal seminggu sekali
Sekarang jangan banyak beralasan lagi!
Anak kita berhak memiliki orang tua yang peduli pada kecintaan membaca, bukan sekadar mahir membaca.
~Novika Amelia
0 komentar:
Posting Komentar